SUMSEL

Libatkan Stakeholder, Universitas Bina Darma Gelar FGD Sekaligus Mou dengan Instansi dan Industri Kreatif

PALEMBANG – Generasi Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Mereka merupakan penerus dari generasi milenial dan akan menjadi kunci keberhasilan di masa depan.

Untuk bisa bersaing di era yang semakin digital seperti sekarang, Generasi Z harus memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja masa depan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan keterampilan yang dibutuhkan Generasi Z agar siap bersaing di era digital.

Hal ini yang menjadi ide dan gagasan Direktorat Urusan Internasional, Karir, Alumni, dan Kerjasama Universitas Bina Darma menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Gen Z Siap Berkarir dan Beradaptasi di Era Industri” pada 22 Agustus 2023 di Aula Prof. Ir. Bochari Rachman, M.Sc.

“FGD ini adalah bentuk penguatan kerjasama Universitas Bina Darma dengan Industri sebagai upaya untuk mencetak lulusan yang adaptif, unggul sehingga dapat terserap oleh industri yang nantinya akan mengurangi tingkat pengangguran di Sumatera Selatan” jelas Dr. Selvi Atesya Kesumawati, M.Pd. selaku Ketua Pelaksana.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Universitas Bina Darma, Dr. Yanti Pasmawati, M.T. kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi antara Dunia Industri dengan Ketua Program Studi di Universitas Bina Darma.

“Kegiatan ini melibatkan stakeholder dari Pemerintah Daerah, Perbankan dan Industri Kreatif di lingkungan Sumatera Selatan, yang diharapkan dapat memberikan masukan terhadap kompetensi lulusan Universitas Bina Darma” ungkap Edi Supratman, M.Kom. selaku Wakil Direktur Direktorat Urusan Internasional, Karir, Alumni, dan Kerjasama.

Adapun peserta yang hadir saat FGD adalah sebanyak 49 Peserta. Selain itu, dilaksanakan juga penandatanganan MoU yang dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Bina Darma, Prof. Dr. Sunda Ariana M.Pd., M.M., antara Universitas Bina Darma dengan 9 Instansi ataupun Industri Kreatif, yaitu :

1. Disnaker Kota Palembang

2. BPS Palembang

3. BTN

4. PT. Indosat Ooredoo Hutchison

5. PT. Rifan Financindo Berjangka

6. PT. Gojek

7. Home Entertainments Art

8. HIPMIKINDO Sumatera Selatan

9. PT. Bank Mega Syariah

“Perwakilan Wyhdham menyampaikan ada tiga persyaratan penting yang perlu dipersiapkan jika ingin melamar pekerjaan yaitu Curiculum Vitae (CV), Personal Branding yang baik dari pelamar dan yang paling penting mampu berkomunikasi dengan baik pada saat interviewā€¯ tutup Siti Rahayu Pratami Lexianingrum, M.I.Kom. selaku Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus Bagian Humas pada Kegiatan ini. (dhm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button